Pandangan Berbeda Soal Cuti Bersama: Pengusaha vs Buruh

Ukamers – Perdebatan mengenai cuti bersama kembali memanas. Para pengusaha mendesak Presiden untuk menghapus kebijakan ini, terutama di sektor pelayanan publik. Alasannya, cuti bersama dapat mengganggu kelancaran kegiatan ekonomi yang berdampak luas.

Namun, bagaimana tanggapan serikat buruh? Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN), Ristadi, mengakui bahwa beberapa pabrik memang harus terus beroperasi, seperti pabrik benang sintetis yang berisiko membekukan bahan baku jika mesin berhenti. Di sisi lain, ada juga pabrik yang terpaksa mengebut produksi sebelum libur untuk memenuhi target pengiriman.

“Pemerintah harus tegas soal cuti bersama. Jangan abu-abu, bisa dilaksanakan bisa tidak. Ini membingungkan dan memicu konflik,” tegas Ristadi.

Menurutnya, masalah ini bermula dari kebiasaan menganggap hari kejepit sebagai hari libur. “Banyak yang tidak masuk kerja karena tanggung,” ungkapnya.

Ristadi menekankan pentingnya keadilan. Jika cuti bersama diterapkan, harus berlaku untuk semua sektor. Jika ditiadakan, juga harus berlaku untuk semua.

“Untuk sektor publik yang tidak boleh berhenti, seperti rumah sakit, liburnya bisa digeser agar pelayanan tetap berjalan,” sarannya.

Di sisi lain, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI), Benny Soetrisno, berpendapat bahwa cuti bersama di sektor tertentu perlu dihapus karena dapat mengganggu kegiatan usaha lainnya. Ia mencontohkan kemacetan parah di Tanjung Priok akibat libur panjang sebelumnya.

“Pelabuhan yang melayani ekspor-impor seharusnya buka 24 jam 7 hari seminggu,” tegas Benny.

Ia mengusulkan agar pemerintah menerbitkan Keppres yang melarang libur bagi pelayanan publik.

Ketua Umum Aptrindo, Gemilang Tarigan, juga mengeluhkan dampak cuti bersama terhadap sektor logistik.

“Masalah libur panjang ini merugikan sektor logistik. Sebaiknya pemerintah kaji lagi,” ujarnya.

Ia juga menyoroti aturan terkait pekerja pabrik yang berhak atas upah lembur jika bekerja di hari libur.

Perbedaan pandangan ini menunjukkan kompleksitas masalah cuti bersama yang memerlukan solusi komprehensif dari pemerintah.

Tim Ukamers
Tim Ukamers

Ukamers.com adalah situs yang berisi berita, informasi dan tips untuk pelaku usaha kecil dan menengah. Misi kami adalah menyajikan konten dengan berbagai topik yang bisa membantu pertumbuhan usaha kecil dan menengah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *